Terdepan dalam Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Syari’ah dengan Penguatan Keilmuan yang Integratif dan Inter-Konektif Berbasis Riset dan Kearifan Lokal

PERKULIAHAN

PERKULIAHAN


Penyelenggaraan program pendidikan pada IAIN Batusangkar mengikuti ketentuan sebagai berikut :
  1. Perencanaan pembelajaran disusun untuk setiap mata kuliah dan disajikan dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS).
  2. Pelaksanaan proses pembelajaran berlangsung dalam bentuk interaksi antara dosen dengan mahasiswa.
  3. Proses pembelajaran di setiap mata kuliah dilaksanakan sesuai RPS.
  4. Proses pembalajaran yang terkait dengan penelitian mahsiswa wajib mengacu pada Standar Nasional Penelitian.
  5. Proses pembelajaran yang terkait dengan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa wajib mengacu pada Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat.

Pelaksanaan pembalajaran :
  1. Perkuliahan diselenggarakan oleh Jurusan / Program Studi sesuai dengan Kalender Akademik yang berlaku
  2. Perkuliahan dapat dilaksanakan dengan cara ceramah, diskusi, responsi, seminar, kelas presentasi, riset, dan lain-lain sesuai dengan metode pendekatan terapan yang ditetapkan oleh masing-masing dosen yang bersangkutan.
  3. Perkuliahan, pratikum, praktek lapangan dan lain-lain kegiatan akademik dilaksanakan sesuai dengan jadwal Kalender akademik Fakultas yang diselaraskan dengan Kalender Akademik Institut.
  4. Ruang perkuliahan wajib dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas pembelajaran.

Tata tertib pembelajaran :
  1. Mahasiswa wajib mematuhi semua prosedur pembelaaran yang ditetapkan.
  2. Mahasiswa wajib menandatangani daftar hadir setiap pertemuan dan Dosen mengenterrikan ke dalam e-campus.
  3. Segala kelengkapan administrasi pembelajaran wajib disediakan oleh Jurusan / Program Studi melaui Kasubbag akademik yang terdiri dari daftar hadir mahasiswa, daftar hadir dosen dan batas pembelajaran.
  4. Daftar hadir kuliah wajib disediakan oleh Kepala sub Bagian Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni dan Dosen wajib mengisi dan menandatangani batas pembelaaran dan mengentrikannya ke e-campus.
  5. Dosen menyerahkan administrasi perkuliahan ke Jurusan / Program studi setiap selesai pembelajaran.
  6. Pelaksaan pembelajaran disesuaikan dengan jumlah tatap muka dalam 1 Semester dan bobot SKS setiap mata kuliah.
  7. Bila dosen tidak dapat melaksanakan pembelajaran sesuai waktu yang telah ditentukan maka dosen memberitahu Mahasiswa dan mencari waktu lain sebagai pengganti.
  8. Mahasiswa wajib mengikuti pembalajaran dengan jumlah kehadiran minimum 75% dari seluruh jumlah tatap muka dari masing-masing mata kuliah yang diikuti.
  9. Mahasiswa yang tidak memenuhi persyaratan harus diumumkan oleh Kepala Sub Bagian Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni berdasarkan data rekapitulasi absensi dari Jurusan satu minggu sebelum jadwal ujian dilaksanakan.
  10. Mahasiswa wajib mematuhi norma dan menghormati dosen serta bertanggungjawab atas ketertiban, ketenangan kelas pada saat berlangsungnya pembelajaran, pratikum dan kegiatan akademik lainnya.
  11. Mahasiswa yang memenuhi tertib pembelajaran berhak mengikuti ujian yang akan diselnggarakan oleh Jurusan / Program Studi.

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support