Terdepan dalam Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Syari’ah dengan Penguatan Keilmuan yang Integratif dan Inter-Konektif Berbasis Riset dan Kearifan Lokal

PENASEHAT AKADEMIK

PENASEHAT AKADEMIK


Tanggung Jawab Penasehat Akademik :
  1. Memberikan penjelasan kepada Mahasiswa tentang sistem pendidikan dan administrasi akademik dan Jurusan / Program Studi.
  2. Memberikan bimbingan khusus kepada Mahsasiswa dalam menentukan rencana studi menyeluruh pada awal studi.
  3. Memberikan penjelasan dan nasehat kepada Mahasiswa tentang cara-cara belajar yang baik, memanfaatkan waktu dan fasilitas belajar secara maksimal, sehingga dapat menyelesaikan studi lebih awal atau tepat waktu.
  4. Menyediakan waktu yang cukup untuk memberikan pelayanan berkonsultasi dengan mahasiswa paling kurang 3 kali dalam satu semester, yaitu pada awal semester, sebelum Ujian Tengah Semester, dan sebelum Ujian  Akhir Semester, untuk membicarakan masalah-masalah akademik dan non akademik yang dapat menunjang proses akademik.
  5. Mengevaluasi prestasi belajar mahasiswa yang diasuh dan tercatat di dalam buku konsultasi Dosen PA, selanjutnya melaporkan secara teratur setiap akhir semester kepada Ketua Jurusan / Program Studi untuk diteruskan kepada Dekan.
  6. Memberikan nasehat kepada Mahasiswa yang prestasinya menurun, menelusuri sebab-sebabnya dam membantu mencarikan jalan keluar, agar prestasi Mahasiswa tersebut dapat meningkat pada semester berikutnya.
  7. Bila ada masalah dalam proses belajar yang tidak dapat diselesaikan oleh Dosen PA disarankan untuk diteruskan pada Unit Pelaksana Teknis Layanan Bimbingan Konseling (UPTLBK).

Kewajiban Penasehat Akademik :
  1. Menguasai kurikulum Jurusan / Program Studi yang diikuti Mahasiswa.
  2. Mengenal situasi Akademik Jurusan / Program Studi / bagian yang terkait.
  3. Mengetahui berbagai program kemahasiswaan.
  4. Menetapkan dan mengumumkan jadwal pembimbingan.
  5. Melayani mahasiswa bimbingan dengan sebaik-baiknya.
  6. Melapor kepada Ketua / Sekretaris Jurusan / Program Studi, bila meninggalkan tugas.
  7. Memperhatikan dan memahami kode etik Mahasiswa.
  8. Memiliki catatan hasil pemantauan Mahasiswa bimbingan.

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support