Terdepan dalam Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Syari’ah dengan Penguatan Keilmuan yang Integratif dan Inter-Konektif Berbasis Riset dan Kearifan Lokal

MAGANG PERADILAN

MAGANG PERADILAN


     Mata Kuliah Praktek Peradilan merupakan mata kuliah wajib bagi Mahasiswa Fakultas Syariah Jurusan Ahwal Al-Syakhshiyyah, Jurusan Hukum ekonomi Syariah, dan Jurusan Hukum Tata Negara Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
     Praktek Peradilan di Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri merupakan salah satu bagian dari kegiatan kulikuler yang ada di Fakultas Syariah IAIN Batusangkar. Kegiatan ini harus diikuti oleh seluruh Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Batusangkar yang telah memenuhi keseluruhan syarat dan ketentuan yang berlaku.
     Praktek Peradilan Agama dan Pengadilan Negeri ialah rangkaian kegiatan praktik yang dilakukan oleh Mahasiswa di Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri di bawah bimbingan dan arahan Dosen Pembimbing dari Fakultas Syariah IAIN Batusangkar dan Dosen pamong dari Lembaga Peradilan yang ditunjuk untuk memperoleh informasi mengenai penerapan Administrasi Umum, administrasi Perkara, dan Tata Laksana Persidangan Perkara di Pengasilan Agama dan Pengadilan Negeri. 
     Kegiatan praktikum Peradilan di Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri merupakan salah satu sarana Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Batsuangkar agar lebih mengenal dan mengetahui serta menguasai kegiatan lapangan yang nantinya akan menjadi bidang keahliannya melalui kegiatan pembinaan tentang keadaan administrasi yang ada di Pengadilan agama dan Pengadilan Negeri hingga bagaimana prosedur berperkara di Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri itu sendiri.
     Maka, seluruh Mahasiswa Jurusan Fakultas Syariah IAIN Batusangkar dituntut untuk mengenal serta mengamati keseluruhan kegiatan yang ada dalam Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri, mulai dari prosedur berperkara hingga kelengkapan administrasi yang ada dan juga kegiatan lainnya yang berkaitan dengan Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri ini, diharapkan dapat menyeimbangkan keberadaan ilmu teroris dengan adanya ilmu praktis, agar Mahasiswa diharap lebih penguasaannya terhadap bidang keahliannya nanti.

     Persyaratan Mahasiswa yang dapat mengikuti Praktek Magang Peradilan Jurusan Ahwal Al-Syakhshiyyah :
  1. Terdaftar sebagai Mahasiswa IAIN Batusangkar yang dibuktikan dengan tanda pembayaran (resu) SPP yang disahkan oleh Kasubbag Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni atau fotocopy dengan memperlihatkan resu yang asli.
  2. Telah menyelesaikan beban studi minimal 100 SKS yang dibuktikan dengan transkrip nilai sementara.
  3. Telah lulus Mata Kuliah : Hukum Acara Perdata, Hukum Acara Peradilan Agama, Hukum acara Pidana, Hukum Perdata Islam di Indonesia II, Bantuan Hukum, Etika Profesi.
     Persyaratan Mahasiswa yang dapat mengikuti Praktek Magang Peradilan Jurusan Hukum Tata Negara :
  1. Terdaftar sebagai Mhasiswa IAIN Batusangkar yang dibuktikan dengan tanda pembayaran (resu) SPP yang disahkan oleh Kepala Sub Bagian Akademik dan atau fotocopy dengan memperlihatkan resu asli.
  2. Telah menyelesaikan beban studi minimal 100 SKS yang dibuktikan dengan Transkrip Nilai Sementara.
  3. Telah lulus dalam mata kuliah : Pengantar Hukum di Indonesia, Pengantar Ilmu Hukum, Hukum Acara Pidana, Hukum Acara Perdata, Peradilan di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support