Terdepan dalam Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Syari’ah dengan Penguatan Keilmuan yang Integratif dan Inter-Konektif Berbasis Riset dan Kearifan Lokal

Rabu, 31 Oktober 2018

MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH JUARA I TINGKAT NASIONAL

MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH JUARA I TINGKAT NASIONAL




Prestasi membangkakan kembali di ukir Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, betapa tidak, delegasi Fakultas Syariah IAIN Batusangkar berhasil meraih Juara I Dalam ajang Debat Syariah Tingkat Nasional PTKIN Se- Indonesia dalam Sharia Sharia Event 2018 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Berbagai perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKIN) berhasil menjuarai sejumlah perlombaan yang digelar Fakultas Syariah dan Hukum (FHS) UIN Jakarta di ajang Sharia Event 2018, Selasa-Kamis (23-25/10/2018). Selain lomba debat isu-isu hukum dan ekonomi syariah, Sharia Event 2018 diisi dengan lomba karya tulis ilmiah dan musabaqoh qiraatul kutub.
Kegiatan Sharia Event 2018 di pusatkan di FSH UIN Jakarta sarangkaian kegiatan yang di perlombakan, yakni Kompetisi Debat Ilmu Hukum, Lomba Karya Tulis Ilmiah Bidang Syariah dan Lomba Qira’at Al-Kutub. Dengan tema “Transformasi Nilai-Nilai Hukum Islam ke dalam Hukum Nasional”
Pada lomba debat syariah, panitia menetapkan juara pertama debat diraih kontingen IAIN Batusangkar, disusul UIN Raden Intan Lampung dan IAIN Jember yang masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga. Lomba debat syariah sendiri diikuti puluhan tim debat dari berbagai PTKI. Diantaranya dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Walisongo Semarang, dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Dalam lomba ini, masing-masing tim debat melakukan debat dengan sejumlah tema yang ditentukan panitia. Terdapat delapan tema, diantaranya keabsahan nikah sirri dalam pandangan hukum Islam, hukuman mati bagi koruptor, bom bunuh diri atas nama jihad, dan wakaf uang untuk investasi infrastruktur.


Ajang bergengsi Sharia Event 2018 yang di adakan oleh Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta ini adalah sebuah terobosan dalam meningkatkan kualitas SDM Mahasiswa yang juga menguji kemampauan antar mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Se-Indonesia sehingga mahasiswa antar PTKIN dapat menguji kemampuannya dalam bidang Ilmu-ilmu syariah dengan Mahasiswa PTKIN lainnya, sehingga mahasiswa dapat mengukur kemampuan dari kampus masing-masing.
Wakil Rektor III Dr. Rizal, M.Ag yang didampingi Dekan FS Dr. Zainuddin, MA. mengatakan FS IAIN Batusangkar ambil bagian dalam ajang ini, lomba kompetisi Debat Ilmu Syariah dan Lomba Qira’at Al-Kutub, yang di wakili oleh mahasiswa pilihan Fakultas Syariah dalam Debat Ilmu Syariah yakni, Irwansyah dari Jurusan Ahwal Al-Syakhshiyyah, Juwita Sari dari Jurusan Hukum Tata Negara dan Widia Novita Sari dari Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, ucap rizal.
Sementara itu ibu Dra. Irma Suryani, MH. Dan Ronni Efendi, MH mengatakan mahasiswa-mahasiwa dari Fakultas Syariah IAIN Batusangkar, sebelum mengikuti Sharia Event 2018, terlebih dahulu kita melakukan seleksi antar mahasiswa mengingat banyak nya peminat dari mahasiswa Fakultas Syariah, dari hasil seleksi yang kita lakukan dapatlah hasil tiga mahasiswa yang kita utus ke Even ini, Ucap Irma.
Sementara itu Rektor IAIN Batusangkar Dr. H. Kamuri, MA mengapresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung dan memberikan support kepada Tim Debat IAIN Batusangkar. “Kita mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh civitas akademika terutama Pimpinan di Fakultas Syraiah, yang telah turut berpartisipasi aktif dalam mensupport mahasiswa kita dengan hasil yang mengagumkan dan mengharumkan nama IAIN Batusangkar di Tinggkat Nasional “ucap Rektor” (dn/hm)
Share:

Theme Support