Terdepan dalam pengkajian dan pengembangan ilmu syari’ah dengan penguatan keilmuan yang integratif dan inter-konektif berbasis riset dan kearifan lokal


VISITING DOCTOR JURUSAN HUKUM EKONOMI SYARIAH (HES)

VISITING DOCTOR

JURUSAN HUKUM EKONOMI SYARIAH (HES)


          Batusangkar, Kamis 18 Januari 2018 Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Batusangkar melalui Jurusan Hukum Ekonomi Syariah melaksanakan acara Visiting Doctor dengan tema “Menyiapkan Sarjana Syariah yang Memiliki Kompetensi Keilmuan Hukum dan Terampil dalam Mengimplementasikan di Lembaga Peradilan”. Acara ini diadakan di Aula Institut Agama Islam Negeri Batusangkar pada Hari Kamis tanggal 18 Januari 2018.
          Narasumber pada Visiting Doctor Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Batusangkar kali ini adalah Bapak Prof. Dr. H. Achmad Gunaryo, M.Soc., Sc (Kepala Biro Hukum dan Kerja Sama Luar Negeri Sekretariat Jendral Kementerian Agama Republik Indonesia).
          Acara Visiting Doctor ini diadakan bertujuan untuk meningkatkan knowlage dosen dan mahasiswa dilingkungan Fakultas Syariah dan lingkungan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar tentang menyiapkan sarjana syariah yang memiliki kompetensi keilmuan dan terampil dalam mengimplementasikan di lembaga peradilan, acara ini dikuti oleh dosen dan mahasiswa yang berasal dari ketiga jurusan yang berada pada Fakultas Syariah Institus Agama Islam Negeri Batusangkar yang terdiri dari 3 Jurusan yaitu Jurusan Ahwal Al-Syakhshiyyah, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, dan Hukum Tata Negara. Dan juga diikuti oleh Dosen dilingkungan IAIN Batusangkar.

          Bapak Dr. H. Kasmuri, MA selaku Rektor Institut agama Islam Negeri Batusangkar memberikan kata sambutan sekaligus membuka acara tersebut, dalam sambutannya beliau berkata “Mahasiswa yang akan melakukan Magang di Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri, dan Pengadilan Tata Usaha Negara, Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Batusangkar harus memiliki kelebihan dibidang Hukum dibandingkan dengan lulusan perguruan tinggi lainnya, dan dengan adanya Visiting Doctor ini kita harapkan akan muncul inovasi-inovasi, gagasan-gagasan baru, dan prestasi-prestasi baru bagi Fakultas Syariah IAIN Batusangkar”.

          Profesor Achmad Gunaryo menekankan “Dengan basic keilmuan syariah dan Peradilan, memaparkan pemikirannya berangkat dengan menjadi sarjana hukum bagi Fakultas Hukum/ Fakultas Syariah sudah terbuka lebar kesempatan untuk menjadi advokat, mediator, hakim, maupun profesi lainnya. Lanjutnya “Diberbagai Perguruan Tinggi sudah ada dibuka Jurusan baru yaitu prodi mediasi bagi Fakultas Hukum. Kita berharap di Fakultas Syariah berupaya untuk dapat berusaha membuka Jurusan itu dan sangat langka di Perguruan Tinggi di Indonesia. Peran mediator masih minim sedangkan perkara yang harus diselesaikan oleh seluruh Pengadilan di Indonesia bertahun-tahun barus bisa diselesaikan. Lulusan Syariah harus bisa mengambil kesempatan itu” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar