Terdepan dalam pengkajian dan pengembangan ilmu syari’ah dengan penguatan keilmuan yang integratif dan inter-konektif berbasis riset dan kearifan lokal


MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH MENGIKUTI COACHING MAGANG PERADILAN

MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH MENGIKUTI COACHING MAGANG PERADILAN





Batusangkar, Kamis 17 Januari 2018 Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Batusangkar  mengadakan pembukaan coaching magang Peradilan untuk ketiga Jurusan yang berada pada Fakultas Syariah, yaitu Jurusan Hukum Keluarga Islam / Ahwal Al-Syakhshiyyah (AS), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (HES), dan Jurusan Hukum Tata Negara (Siyasah). Acara ini diadakan di Gedung GH. Lt. 3 pada Hari Kamis tanggal 17 Januari 2018.
Magang merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan sebagai peluang bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang telah didapatkan di bangku perkuliahan. Hal ini juga bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa sebagai peluang untuk melakukan penulisan tugas akhir nantinya. Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Labor Fakultas Syariah pada acara pembukaan yaitu magang bertujuan untuk mengaplikasikan ilmu yang sudah diperoleh dibangku perkuliahan. “Adapun latar belakang dan tujuan dari magang ini adalah pertama, mahasiswa hanya mendapatkan teori di kampus, sehingga perlu dilakukan praktek lapangan (magang). Kedua, magang bertujuan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan teori yang didapat selama perkuliahan” ungkap Bapak Drs. Syamsuwir, M.Ag.
Selain itu, meskipun mahasiswa memiliki waktu yang cukup lama berada di lapangan atau instansi yang sudah ditetapkan Fakultas Syariah, mahasiswa harus tetap menjaga nama baik almamater atau kampus IAIN Batusangkar. “Kami Fakultas Syariah meminta kepada mahasiswa apa yang telah diberikan sebelum magang harus menjadi pegangan ke lapangan nantinya. Kemudian, mahasiswa membawa nama besar IAIN Batusangkar. Sehingga harus menjaga nama baik IAIN Batusangkar. Niatkan segala kegiatan untuk meraih Ridha Allah SWT” sambutan Dekan Fakultas Syariah Dr. H. Zainuddin, MA. Sekaligus membuka acara pembekalan (coaching) magang Jurusan Hukum Keluarga Islam/ Ahwal al-Syakhshiyyah (AS), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (HES), dan Hukum Tata Negara (Siyasah) Fakultas Syariah IAIN Batusangkar.

Setelah pembukaan coaching selesai, maka agenda dilanjutkan dengan memberikan pembekalan kepada masing-masing jurusan. Dalam hal tersebut masing-masing jurusan memasuki ruangan yang sudah ditentukan disebabkan memiliki tujuan lokasi magang berbeda-beda. Adapun narasumber pada kegiatan tersebut adalah Bapak Fitra Nirwan, S.E.I. selaku pimpinan Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Solok dengan materi Operasional Lembaga Keuangan Syariah dan Etika Berkomunikasi pada Lembaga Keuangan Syariah bagi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (HES), Bapak Nursal, S.Ag., M.Sy. selaku Hakim Pengandilan Agama Kota Solok dengan materi Proses Administrasi dan Teknik Berbicara di Pengadilan Agama bagi Jurusan Hukum Keluarga Islam/ Ahwal Al-Syakhshiyyah (AS), dan Bapak Afdil Azizi, SH., M.Kn. Selaku Hakim Pengadilan Negeri Kota Solok dengan materi Proses Administrasi dan Teknik Berbicara di Pengadilan Negeri bagi Jurusan Hukum Tata Negara (Siyasah).
Setelah melakukan coaching magang, mahasiswa akan berangkat ke lokasi magang pada tanggal 22 Januari 2018 yang ditemani oleh masing-masing Dosen Pembimbing Lapangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar